PROGRAM SARJANA (S1) TEKNIK GEOFISIKA – ITS

  • Gelar yang diperoleh Sarjana Teknik (ST)
  • Menempuh total 144 sks, dijadwalkan dalam 8 semester, terbagi dalam 2 tahap: 1) Tahap Persiapan menempuh 36 sks dalam 2 semeter;  2) Tahap Sarjana menempuh 108 sks dalam 6 semester

 

KEGIATAN AKADEMIK

Kegiatan akademik adalah kegiatan pembelajaran di dalam dan/atau diluar ruang kuliah, studio dan/atau laboratorium, pengerjaan tugas‐tugas, evaluasi pembelajaran, dan kegiatan administrasi yang menyertainya.

Pembelajaran dapat terdiri dari perkuliahan, responsi, seminar, tugas, praktikum/studio, dan asesmen/evaluasi pembelajaran yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Mahasiswa berhak mendapatkan pembelajaran sekurang-kurangnya 90% dari yang dijadwalkan dalam satu semester. Mahasiswa yang tidak mengikuti pembelajaran melebihi 20% dari jumlah yang diselenggarakan dalam satu semester, mata kuliah yang diikutinya dinyatakan gagal dengan nilai E, kecuali diberikan kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan akademik/kemahasiswaan dengan seizin pimpinan ITS, atau yang sakit dengan menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter.

Evaluasi pembelajaran mahasiswa sekurang‐kurangnya dilakukan sebanyak empat kali, dan hasil akhirnya dinyatakan dengan nilai angka dan nilai huruf. Hasil evaluasi pembelajaran dapat diketahui oleh peserta kuliah. Skala pengukuran hasil evaluasi pembelajaran mahasiswa dinyatakan sebagai berikut:

 

Nilai Angka

Nilai Huruf

Nilai Numerik

Sebutan

81 − 100

A

4

Istimewa

71 − 80

AB

3,5

Baik sekali

66 − 70

B

3

Baik

61 − 65

BC

2,5

Cukup baik

56 -- 60

C

2

Cukup

41 − 55

D

1

Kurang

0 − 40

E

0

Kurang sekali

 

Ukuran keberhasilan pembelajaran dinyatakan dengan Indeks Prestasi (IP). Ukuran keberhasilan kegiatan pembelajaran dalam satu semester dinyatakan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS); IPS adalah IP yang dihitung dari semua mata kuliah yang diambil dalam semester yang bersangkutan. Mahasiswa baru program sarjana wajib mengambil seluruh beban studi pada semester I dan sekurang‐kurangnya seluruh beban studi pada semester II. Mahasiswa program sarjana pada semester II dan berikutnya, beban studinya ditentukan oleh IPS yang dicapai pada semester sebelumnya. Masa studi paling lama untuk mahasiswa program sarjana adalah 14 semester.