Geophysics Goes to School (GGTS) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Teknik Geofisika ITS (HMTG ITS). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Departemen Teknik Geofisika ITS ke siswa tingkat SMA dan sederajat. Masa SMA merupakan masa dimana siswanya mulai menentukan masa depannya sendiri, salah satunya yaitu melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Dengan kemajuan teknologi dimana informasi mudah didapat, siswa dengan mudah mendapatkan informasi tentang jurusan di perkuliahan. Tetapi dikarenakan terbatasnya ketersediaan informasi tersebut, alangkah baiknya jika mereka mengetahui secara langsung. Maka dari itu kegiatan ini diharapkan dapat memberikan referensi untuk siswa SMA.


Tema GGTS 2017 yaitu “Ekspansi Geofisika” dengan tujuan melebarkan sayap Departemen Teknik Geofisika di Wilayah Jawa Timur dan sekitarnya. Kali ini HMTG ITS juga bekerja sama dengan HMGI Wilayah IV untuk ‘mengekspansi’ Geofisika. Kunjungan dilakukan di SMAN 1 Bangkalan, sehingga sekolah tujuan GGTS kali ini adalah Pulau Madura. GGTS 2016 sebelumnya dilakukan di wilayah sekitar Surabaya dan Gresik, sehingga dengan diadakannya GGTS 2017, Jurusan Geofisika tersebar lebih luas lagi. Karena saat GGTS 2016 sudah dilakukan di wilayah sekitar Surabaya dan Gresik, maka saat ini cakupan kami lebih meluas.


Dalam memperkenalkan Teknik Geofisika ini, dilakukan presentasi di beberapa kelas IPA maupun IPS. Presentasi dilakukan oleh Mahasiswa Teknik Geofisika ITS sendiri yaitu Danang Prasetyo dan Muhammad Zofran Hilmy sebagai perwakilan dari HMTG ITS. Materi yang disampaikan yaitu berkaitan dengan disiplin ilmu, prospek kerja berbagai bidang, dan masih banyak lagi. Selain dilakukannya presentasi, panitia juga membuka booth di luar kelas sebagai tempat informasi siswa/i secara keseluruhan untuk bertanya seputar Teknik Geofisika dan terdapat beberapa alat-alat geofisika. Siswa/i di SMAN 1 Bangkalan sangat antusias dengan adanya GGTS di sekolah tersebut.
“Kami sangat senang dan berterima kasih dengan kakak-kakak dari Teknik Geofisika ITS atas kunjungannya di sekolah kami. Dengan adanya GGTS di sekolah kami, kami mendapat wawasan geofisika dan menambah referensi untuk meneruskan ke jenjang perkuliahan. Kami harap GGTS tahun depan diadakan lagi di SMAN 1 Bangkalan agar adik-adik kami bisa merasakan dan mendapatkannya juga.” -Siswa SMA