Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum, disingkat ‘OKKBK‘ adalah suatu acara yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Geofisika untuk Mahasiswa Baru Teknik Geofisika Angkatan 2017. Bertempat di Gedung Forensik ITS, acara ini bertujuan untuk mengenalkan Departemen Teknik Geofisika dan dunia perkuliahan itu sendiri. Bagi mahasiswa baru yang masih awam terhadap dunia perkuliahan, tentu acara ini merupakan pintu bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan belajar untuk menghadapi masa – masa perkuliahan.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Pihak Departemen Teknik Geofisika pada jam 7 pagi. Setelah diresmikannya acara, peserta diberikan bekal materi di Ruang Komputasi, Gedung Forensik ITS. Materi yang dipaparkan kepada mahasiswa baru cukup beragam dan lengkap, mulai dari pemaparan Departemen Teknik Geofisika yang dibawakan oleh Ibu Anik Hilyah, S.Si, MT selaku Dosen dan Sekretaris Departemen Teknik Geofisika: apa itu geofisika, apa prospek – prospek kerja dari seorang geofisikawan, dan juga tidak lupa dijelaskan apa yang akan dilakukan seorang geofisikawan di lapangan. Dipaparkan juga tentang sistem SKS yang diterapkan pada dunia perkuliahan. Materi ini dibawakan oleh Bpk. Moh. Singgih Purwanto,S.Si,MT sebagai Dosen di Departemen Teknik Geofisika, dengan harapan Mahasiswa Baru mendapatkan gambaran mengenai rencana pengambilan mata kuliah di Departemen Teknik Geofisika.

Selain pengenalan tentang Teknik Geofisika, keprofesian, dan sistem perkuliahan, pada acara ini mahasiswa baru dibekali juga dengan pengetahuan tentang kampus dan juga kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan berkuliah. Materi – materi seperti penjelasan organisasi – organisasi yang ada di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember, bagaimana membuat karya tulis ilmiah, dan juga ‘tips dan trik’ untuk menjadi mahasiswa berprestasi pun dijabarkan pada acara yang berlangsung selama empat hari ini.
Pada acara ini, tidak lupa juga dikenalkan UKM – UKM yang ada di ITS, dengan tujuan mahasiswa baru dapat mengembangkan minat dan bakatnya melalui UKM – UKM yang ada di Kampus ITS. HMTG atau Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika sebagai wadah bagi Mahasiswa Teknik Geofisika untuk berkumpul dan berkembang juga dijelaskan dengan metode pos ke pos, di mana pada setiap pos diisi oleh Departemen dan Biro yang berbeda – beda dan dijelaskan secara umum departemen atau biro pada pos tersebut oleh Fungsionaris Departemen atau Biro tersebut. Setelah acara ini berakhir, harapan selanjutnya adalah Mahasiswa Baru Teknik Geofisika tahun 2017 mendapatkan gambaran mengenai dunia perkuliahan yang akan mereka jalani empat tahun ke depan selama di Departemen Teknik Geofisika ITS.