Fakta dan Prospek Kerja Teknik Geofisika

Posted on : 10 February 2013 Author :
Fakta dan Prospek Kerja Teknik Geofisika

Gambar di atas merupakan survey mengenai lulusan berbagai jurusan termasuk Teknik Geofisika di dunia kerja. Terlihat bahwa jumlah pengangguran lulusan Teknik Geofisika adalah 0%. Hal tersebut membuktikan bahwa kebutuhan dunia kerja akan lulusan Teknik Geofisika sangat tinggi. Selain itu, gaji yang diterima juga bukan merupakan nilai yang kecil, karena bidang kerja teknik geofisika sangat vital di berbagai bidang. Menurut sumber lain, rata-rata gaji bagi pendatang baru untuk lulusan teknik geofisika (fresh graduate) adalah Rp 6.5 juta/bulan. Untuk mereka yang sudah dikatakan ahli, gaji bisa mencapai Rp 84 - 90 juta / bulan (www.glassdoor.com)

Teknik Geofisika adalah disiplin ilmu yang mempelajari tata cara untuk mempermudah dan menyejahterahkan kehidupan manusia yang berkaitan dengan eksplorasi minyak dan gas bumi, mineral ekonomis, serta mitigasi bencana alam yang terdapat di lingkup permukaan bumi hingga dalam perut bumi dengan menggunakan pendekatan fisis serta metode- metode geofisika.

Teknik Geofisika memegang peran yang sangat penting dalam hal eksplorasi sumber daya alam. Karena eksplorasi Sumber Daya Alam (SDA) tidak akan berjalan tanpa adanya seorang ahli Geofisika di sana. Lulusan Teknik Geofisika berperan:

1. Menentukan lokasi minyak dan gas bumi serta mineral ekonomis di dalam bumi.
2. Menentukan perkiraan jumlah cadangan minyak dan gas bumi serta mineral ekonomis di dalam bumi.
3. Menentukan jenis mineral ekonomis di dalam bumi.

Prospek Lulusan Teknik Geofisika

Lulusan Teknik Geofisika dapat bekerja di berbagai bidang antara lain adalah :

1.Bidang Pemerintahan (Dinas Pertambangan PEMDA, Departemen ESDM, Lemigas, dll)

2.Bidang Pertambangan dan Perminyakan (PT. Freeport Indonesia, PT. Chevron Pasific Indonesia, Pertamina, Exxon Mobil, PT. Timah, Schlumberger, PT. Aneka Tambang, dll)

3.Bidang Pendidikan dan Penelitian (Dosen, BPPT, LIPI, BMG, BATAN, dll)

4.Bidang Lainnya (Perbankan, Bidang Teknologi Informasi dan sebagainya)

 

Author : Nova Linzai & Natassa Adi Putri